AIR ADALAH SUMBER
KEHIDUPAN

Air Tak Tergantikan Dalam Proses Kehidupan

Hampir seluruh bentuk kehidupan yang kita kenal saat ini bergantung pada air. Air merupakan molekul yang menyusun 50% dari volume sel semua makhluk hidup. Kemampuan air melarutkan berbagai senyawa dan ion memungkinkan terjadinya berbagai reaksi biokimia yang mendasari kehidupan suatu organisme.

Air adalah kebutuhan utama manusia

Begitu pentingnya air bagi manusia, berbagai upaya akan dilakukan untuk mendapatkan akses terhadap air bersih. Tak jarang konflik antar negara terjadi karena memperebutkan akses terhadap air. Walaupun air menyusun 71% dari permukaan bumi, namun hanya 2.5% dari jumlah tersebut yang merupakan air tawar. Sementara manusia membutuhkan air tawar untuk kehidupan sehari-hari.

Air memiliki peran penting dalam siklus geokimia

Penguapan air merupakan suatu peristiwa penting dalam pembentukan cuaca di bumi. Tanpa adanya uap air, awan mendung tidak akan tercipta dan hujan tidak akan ada. Akibatnya atmosfer bumi menjadi kering, seperti pada Venus dan Mars. Tidak memungkinkan ditinggali makhluk hidup. Air merupakan faktor penting dalam proses industri. Air hampir terlibat di seluruh bidang industri. Dari industri pertanian, kertas, maupun tekstil, kesemuanya memerlukan aliran air untuk menjalankan proses produksinya.